Kamis, 24 November 2016

PENGERTIAN AKUNTANSI


Akuntansi Adalah Rangkaian kegiatan pencatatan, penggolongan, pengiktisaran dan pelaporan transaksi keuangan yang dilakukan suatu unit usaha yang bersangkutan dapat membuat pertimbangan – pertimbangan dan mengambil keputusan ekonomi sesuai dengan kepentingannya.
Bidang – Bidang Akuntansi
1.       Akuntansi keuangan ( Financial Accounting) disebut juga akuntansi umum (General Accounting) bidang kegiatan ini berhubungan dengan transaksi keuangan khusu yang menyangkut perubahan Aktiva, Kewajiban dan Ekuitas perusahaan.
2.       Akuntansi Biaya(Cost Accounting)bidang akuntansi yang berhubungan dengan transaksi keuangan khusus yang menyangkut biaya.
3.       Akuntansi Manajemen (Management Accounting) berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data biaya. Khususnya data biaya yang relevan dengan keputusan yang akan diambil manajemen.
4.       Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting) berhubungan dengan penerapan peraturan perpajakan. Tujuan kegiatan akuntansi perpajakan ialah membantu manajemen dalam memenuhi peraturan perpajakan yang berlaku.
5.       Akuntansi Anggaran berhubungan dengan pengumpulan data masa lalu yang diinformasikan dalam laporan akuntansi.
6.       Akuntansi Permeriksaan(Auditing) berhubungan dengan aktivitas perusahaan akuntansi untuk memenuhi kepentingan pihak-pihak yang memerlukan. Pemeriksaan dilakukan terhadap laporan keuangan secara independent.
PRINSIP Akuntansi
1.       Kesatuan Akuntansi
2.       Kesinambungan
3.       Harga Pertukaran
4.       Prinsip Pengakuan Penghasilan dan Beban


Sumber : Hendi Somantri, 2009. AKUNTANSI, AMARICO 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar